PERANGKAT KERAS KOMPUTER MACAM-MACAM INPUT DEVICE DAN MANFAATNYA



BAB I
PENDAHULUAN


A.       Latar Belakang Masalah
Sistem operasi yang berkembang saat ini sangatlah berperan penting dalam pengaturan perangkat input dan ouput dalam suatu sistem komputer. Dengan adanya sistem operasi maka perangkat input dan output yang terdapat pada suatu sistem komputer dapat diatur secara langsung dan mudah oleh pengguna. Mungkin sistem operasi saat ini jauh lebih baik dibandingkan dengan sistem operasi dahulu karena sistem operasi sekarang sudah lebih terintergrasi sehingga mampu mengelola perangkat input ataupun output yang lebih kompleks.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komputer terdiri dari 4 komponen penunjang utama, yaitu :
1.      input device (unit masukan)
2.      Process device (unit Pemrosesan)
3.      Output device (unit keluaran)
4.      Backing Storage ( unit penyimpanan)
Namun dalam makalah ini kami tidak membahas secara rinci. Yang kami bahas hanya macam-macam input device dan manfaatnya.
B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan makalah ini yaitu :
1.    Apa yang dimaksud dengan input device?
2.    Apa saja macam-macam input device dan manfaatnya?
C.        Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian input device.
2.      Untuk mengetahui macam-macam input device serta manfaatnya.
BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pengertian Input Device
Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa sinyal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, sinyal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.  Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.[1]
Input device (Perangkat Keras Masukan)  adalah Perangkat untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat yang demikian disebut sebagai terminal. Terminal dapat dihubungkan ke sistem komputer dengan menggunakan kabel langsung atau lewat alat komunikasi. Terminal dapat digolongkan menjadi 3 yaitu :[2]
1.    Non intellegent terminal hanya berfungsi sebagai alat memasukkan input dan penampil output, dan tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai alat pemroses. Peralatan seperti ini juga disebut sebagai dumb terminal. Misal : teleprinter.
2.   
2
 
Smart terminal mempunyai alat pemroses dan memori didalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali, tetapi tidak dapat diprogram oleh pemakai kecuali pabrik pembuatnya. Misal : Calculator, telepon.
3.    Intelligent terminal dapat diprogaram oleh pemakai. Misal : PC. Pada input device, peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung dan alat input tidak langsung.
Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa Input device (piranti masukan) berfungsi sebagai media untuk memasukan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input device atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer. Input device berfungsi sebagai media untuk memasukan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukan data dapat pula digunakan untuk memasukan program.









B.       Macam-Macam Input Device dan Manfaatnya
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam piranti, yaitu:[3]
1.    Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi mamasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file, membuka file, dan perintah lainnya. Jenis-jenis keyboard :
a)    QWERTY
b)   DVORAK
c)    KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
a)    Typewriter Key
Tombol utama dalam keyboard, yang terdiri atasa alfabet dan tombol tombol lainnya: Backspace, Capslock, Delete, esc, end, enter, tab, home, insert, page up dan page down yang masing masing memiliki fungsi tersendiri.


b)   Numeric Key
Tombol ini umumnya terletak disebelah kanan keyboard, Tombol ini terdiri atas angka dan arrow key (tombol arah). Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
c)    Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 sampai dengan F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
d)   Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersama tombol Shift dan arrow key untuk menggeserkan kursor menekan bersamaan tombol Ctrl dan arrow key.
2.    Mouse
Mouse merupakan perangkat keras yang termasuk dalam golongan perangkat input (masukan). Fungsi mouse komputer adalah mengatur pergerakan kursor secara cepat, selain itu juga untuk memberikan suatu perintah dengan hanya menekan tombol pada mouse komputer. Di dalam perangkat mouse ini, terdapat sebuah bola kecil yang akan menangkap pergerakan mouse dan mentransfer sinyal listrik ke perangkat pemroses (CPU). Dengan demikian, mouse komputer dapat secara cepat melakukan kinerjanya sebagai perangkat masukan.
3.    Joystick
Joystick adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. Fungsi joystick pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol, untuk megontrol permainan video dan joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin-mesin seperti pada kursiroda bermotor dan truk.
4.    Barcode Reader
Barcode Reader atau Barcode scanner adalah alat yang berupa gagangan dan berisi laser berwarna merah untuk memindai barcode. Fungsinya adalah untuk memindai barcode. Barcode adalah kode garis-garis yang biasa terdapat di kemasan sebuah produk swalayan atau gudang perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah kasir menghitung total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.
5.    Scanner
Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data digital. Scanner yang dikombinasikan dengan printer akan menjadi mesin fotocopy berukuran kecil. Hasil scan biasanya berupa gambar atau file PDF.
6.    Kamera digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggi hingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan kamera digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixelnya.
7.    Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
gambar-220.jpg

8.    Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X-Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum  Sebuah graphics pads dari tablet digital dan sebuah kursor ataupun sebuah pena digital (pen).Tablet digital memiliki permukaan yang pipih sebagai alas gambar yang terdiri atas perlengkapan elektronik yang dapat mendeteksi gerakan kursor atau pena digital kemudian menerjemahkannya menjadi sinyal digital yang dikirim langsung ke komputer. Setiap titik atau gerakan pada tablet merepresentasikan titik atau gerakan pada layer monitor, inilah yang membedakannya dengan fungsi mouse yang tergantung pada letak kursor. Hasil gambar tidak akan terlihat pada tablet itu sendiri, melainkan pada monitor komputer. Graphics tablet terdiri dari dua bagian yaitu :
a)    Plastic Pads yaitu semacam alas gambar yang terhubung dengan komputer. Biasanya terhubung dengan memakai koneksi USB atau Bluetooth.
b)   Stylus yaitu benda seperti pena dan biasanya memiliki fitur pressuresensitive. Jadi tergantung software yang digunakan, jika kita menggambar sebuah garis, semakin stylus ditekan maka garis akan semakin tebal (seperti kuas/pensil).





BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa sinyal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, sinyal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.  Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam piranti, yaitu: Keyboard, Mouse, Joystick, Barcode Reader, Scanner, Kamera digital, Mikropon dan Headphone dan Graphics Pads.

B.  Saran
Sebagai calon pendidik atau guru yang akan menerapkan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi harus  memenuhi persyaratan-persyaratannya, agar dapat tercapai pembelajaran yang bermakna untuk peserta didik. Selain itu, calon guru atau guru perlu menggunakan variasi model yang cocok, sehingga peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan dengan baik.


10
 

 
DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, Rudi, dkk. 2004. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: ERLANGGA
Rusmadi, Dedy, dkk. 2000. Pengetahuan Dasar Komputer. Jakarta: PT RINEKA CIPTA


[1] Rudi Hidayat, dkk. Teknologi Informasi dan Komunikasi. (Jakarta: ERLANGGA, 2004), hlm 27
[2] Dedy Rusmadi, dkk. Pengetahuan Dasar Komputer. (Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2000), hlm 9
[3] Rudi Hidayat, dkk. Teknologi Informasi dan Komunikasi. (Jakarta: ERLANGGA, 2004), hlm 27-31

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KETERKAITAN PPKn DENGAN IPS

MASALAH MORALITAS DI SEKOLAH DASAR

BATASAN DAN KEBERHASILAN PENDIDIKAN ISLAM