Rpp Tematik
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SDN Pangarangan III
Kelas/Semester : VI / I
Tema/Subtema/PB : 1. Selamatkan mahluk hidup / 1.
Hewan Sahabatku / 1
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan
(6 x 35 menit)
A.Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang
dianutnya
2.
Menunjukkan erilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru, dan tentangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat,
membaca]
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,sekolah dan
tempat bemain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B.Kompetensi Dasar
BAHASA INDONESIA
1.1 Meresapi
makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai
sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu
pengetahuan.
1.1.1
Menunjukkan prilaku syukur terhadap anugrah tuhan YME atas keberadaan ciri
khusus makluk hidup
2.1
Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup
dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
2.1.1 Menunjukkan kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri
khusus makluk hidup dan lingkungan terhadap pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan
investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran
dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.1.1.Menemukan
informasi manfaat dan asal data dari teks investigasi.
4.1 Mengamati, mengolah, dan
menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan
lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1.1Menjelaskan
struktur teks investigasi.
IPA
1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang
menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya.
1.1.1
Meyakini rasa bersyukur atas keberadaan perkembangbiakan mahluk hidup.
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur;
teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
2.1.1 Menunjukkan perilaku teliti pada saat melakukan pengamatan
perkembangbiakan mahluk hidup.
3.6 Mendeskripsikan perkembangbiakan
makhluk hidup.
3.6.1Menjelaskan
proses perkembangbiakan generative pada tumbuhan.
4.4 Mengikuti prosedur
perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan.
4.1.1Menuliskan
perkembangbiakan satu jenis tanaman yang diobservasi.
MATEMATIKA
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1
Menjalani ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan
teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah
menyerah serta bertanggung jawab dalam
mengerjakan tugas.
2.1.1 Menunjukan perilaku teliti dalam menyelesaikan operasi
hitung dalam bentuk pecahan.
3.1 Memahami operasi hitung yang
melibatkan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal dan persen).
3.1.1
Menentukan hasil operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan.
4.1 Merumuskan dengan kalimat sendiri,
membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan
masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang
dan data, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
4.1.1 Menyelesaikan soal cerita pecahan,
D.Tujuan Pembelajaran
1. Setelah
membaca teks investigasi, siswa mampu menuliskan fakta dari teks investigasi
yang dibaca dengan benar.
2. Setelah
membaca teks investigasi, siswa dapat menentukan apakah teks yang dibaca
merupakan teks investigasi dengan benar.
3. Berdasarkan
gambar acak, siswa mampu mengklasifikasikan (mengelompokkan hewan) berdasarkan
cara perkembangbiakan dengan benar.
4. Setelah
berdiskusi, siswa mampu menjelaskan perkembangbiakan generative pada
hewan dalam bentuk peta pikiran dengan percaya diri.
5. Berdasarkan
teks, siswa mampu menjelaskan kaitan letak geografis terhadap persebaran hewan
dan pengaruhnya terhadap kegiatan manusia dengan percaya diri.
6. Berdasarkan
teks, siswa mampu mengomunikasikan secara lisan kaitan letak geografis terhadap
persebaran hewan dan pengaruhnya terhadap kegiatan manusia dengan percaya diri.
D. Materi Pembelajaran
1. Bahasa
Indonesia :Membaca, membuat dan menjawab pertanyaan untuk menemukan informasi
dari teks investigasi.dan Menulis laporan berdasarkan hasil investigasi.
2.
IPA : Melakukan investigasi perkembangbiakan
hewan di lingkungan sekitar
3.
Matematika: Mengelompokkan
hewan berdasarkan perkembangbiakan.
E. Pendekatan dan Metode Pebelajaran
1. Pendekatan
: saintifik [mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ mencoba, mengasosiasi/
mengolah informasi, dan mengkomunikasikan] dan discovery leaarning
2.
Metode : diskusi, tanya jawab,
latihan, penugasan.
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pendaluan
|
1.
Siswa berdoa bersama dipimpin salah
satu siswa.
2.
Guru menyampaikan materi sebelumnya
dan mengaitkankannya dengan materi yang akan dipelajari.
3.
Siswa menyanyikan lagu “Cicak-cicak
di dinding” bersama-sama.
4.
Guru menyampaikan tema dan subtema
yang akan dipelajari.
5.
Guru memberikan motivasi agar siswa
belajar dengan giat.
|
10
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Siswa mengamati gambar tentang Hewan
Sahabatku. (mengamati).
2.
Siswa membuat
pertanyaan secara lisan dari gambar
3.
Siswa membaca dengan suara nyaring
(mengamati).
4.
Siswa membuat pertanyaan tentang gambar
dengan judul ‘Hewan Sahabatku’. Mereka dapat menerapkan kata tanya ADIK SIMBA
(Apa Di mana, Kapan, Siapa, Bagaimana) dalam membuat pertanyaan yang
dituliskan pada potongan kertas. Pertanyaan menggunakan ADIK SIMBA (menanya)
5.
Siswa saling bertukar pertanyaan dengan
pasangan yang ditentukan guru (menanya).
6.
Siswa mendiskusikan jawabannya dengan
pasangan masing-masing (mengumpulkan informasi).
7.
Siswa membaca teks investigasi tentang
“Bagaimana menghasilkan susu berkualitas baik”. (mengamati)
8.
Siswa menuliskan fakta-fakta dari teks
investigasi yang dibacanya. (mengamati)
9.
Siswa menggaris bawahi kosa kata yang
menunjukkan fakta-fakta tentang hewan berdasarkan teks laporan investigasi. (mengamati)
10. Siswa
membuat kalimat berdasarkan kosa kata yang berhubungan dengan fakta yang
terdapat dalam bacaan. (mengumpulkan informasi)
11. Siswa
saling mendiskusikan hasil pekerjaannya kepada temannya (mengumpulkan
informasi)
12. Siswa
menjelaskan hal-hal berikut.:
Alasan teks “Bagaimana Menghasilkan Susu
Sapi yang Berkualitas Baik?”
termasuk teks investigasi? Coba Jelaskan!
Tulislah bagian yang merupakan definisi
umum, deskripsi bagian (fakta), dan kesimpulan.
13. Siswa
menyampaikan hasilnya kepada temannya (mengomunikasikan)
14. Siswa
mengamati gambar berbagai jenis hewan (mengamati).
15. Siswa
dapat mengidentifikasi prosedur perkembangbiakan hewan berdasarkan gambar
acak (mengumpulkan informasi).
16. Siswa
mengelompokkan hewan tersebut berdasarkan cara berkembangbiaknya dalam bentuk
diagram venn (mengumpulkan informasi).
17. Siswa
menjelaskan alasan dalam melakukan pengelompokan (menanya).
18. Siswa
membaca teks bergambar tentang cara hewan berkembang biak (ovivar, vivivar,
dan ovovivipar) (mengamati).
19. Siswa menuliskan perkembangbiakan hewan
dalam bentuk peta pikiran peta pikiran yang ditulis memuat (perkembangbiakan,
penjelasan, ciri-ciri, contoh) dengan detail (mengumpulkan data).
20. Siswa dapat melengkapi peta pikiran yang
dibuatnya dengan gambar supaya menarik (mengumpulkan data).
21. Siswa menyampaikan hasilnya kepada temannya
(mengkomonikasikan).
22. Siswa
dibagi dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 4 siswa.
23. Siswa
mencari fakta-fakta tentang perkembangbiakan hewan dari berbagai literatur
(buku, koran, majalah, dan/atau situs internet)(mengamati)
24. Siswa
mencatat fakta tersebut di buku siswa (mengamati).
25. Siswa
mencari informasi mengenai (contoh hewan, ciri-ciri, letak habit yang cocok)
(mengumpulkan data).
26. Setiap
kelompok mempresentasikan jawabannya ke depan kelas (mengkomonikasikan).
Siswa
menuliskan apakah letak geografis suatu wilayah berpengaruh terhadap
persebaran hewan? Bagaimana pula pengaruhnya terhadap aktivitas manusia
sehubungan dengan keberadaan hewan?
|
190
Menit
|
Penutup
|
1. Siswa bersama guru membuat
kesimpulan materi.
2. Siswa bersama guru melakukan
refleksi kegiatan belajar.
3. Guru memberikan tugas.
4. Siswa memimpin doa di akhir
pembelajaran.
|
10
Menit
|
G. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap :
tanggung jawab, teliti, dan disiplin.
b. Penilaian Pengetahuan : jawaban singkat.
c. Penilaian Keterampilan : unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen Penilain
a.
Penilaian Sikap
NO
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Yang Dinilai
|
||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Disiplin
|
||
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
Keterangan:
1.
Kurang
2.
Cukup
3.
Baik
4.
Baik Sekali
b.
Penilaian Pengetahuan
1. Bahasa
Indonesia
Kreteria
|
ya
|
tidak
|
Siswa menjelaskan alasan teks yang
dibaca adalah teks eksplanasi.
|
||
Siswa
menjelaskan deskripsi umum dari teks dengan benar.
|
||
Siswa menjelaskan deskripsi bagian
(fakta) dari teks dengan benar.
|
||
Siswa
menyebutkan kesimpulan dengan benar.
|
2. IPA
a.
Sebutkan hewan-hewan yang dipelihara
dipeternakan “hewan sahabatku”
b.
Beternak hewaan apakah yang memerlukan lahan
luas
c.
Beternak hewan apakah yang memerlukan hewan
paling sempit
d.
Bagaimana perbandingan antara luas lahan untuk
memelihara kedua hewan tersebut.
e.
Apa kunci kesuksesan paman dalam mengelola
peternakan.
3.
Matematika
a.
Kelompokkan hewan berdasarkan cara
berkembangbiakan hewan.
C. Ketrampilan
1. Bahasa
Indonesia
§
Membuat laporan investigasi
2. IPA
§
Tulislah teks laporan
3.
Matematika
§
Menempeli gambar
H. Media , Alat , dan Sumber Belajar
1. a. Media : Teks investigasi dengan judul
“Hewan Sahabatku”
b. Gambar
hewan
2.
Alat: kertas HVS, Karton, Balon, Ember, dan alat tulis
3.
Sumber Pembelajaran
Afriki, dkk. 2015. Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema I
“Selamatkan Makhluk Hidup”Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Afriki,
dkk. 2015. Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema I “Selamatkan Makhluk Hidup”Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Mengetahui
Kepala SDN Pangarangan
III,
MASRUR ABADI, S.Pd.SD.,M.Pd.
NIP 19720617 199308 1
001
|
Sumenep, … Juli 2015
Guru Kelas VI,
SALAMET HERIANTO
NIP 19740307
199911 1 001
|
Komentar
Posting Komentar