Rpp Tematik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                               : SDN Pangarangan III
Kelas/Semester               : VI / I
Tema/Subtema/PB         : 1. Selamatkan mahluk hidup / 1. Hewan Sahabatku / 1
Alokasi Waktu                  : 1 X Pertemuan  (6 x 35 menit)
A.Kompetensi Inti (KI)
1.       Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
2.       Menunjukkan erilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru, dan tentangganya serta cinta tanah air.
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,sekolah dan tempat bemain.
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.Kompetensi Dasar
BAHASA INDONESIA
1.1   Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
1.1.1 Menunjukkan prilaku syukur terhadap anugrah tuhan YME atas keberadaan ciri khusus makluk hidup

2.1  Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
2.1.1 Menunjukkan kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makluk hidup dan lingkungan terhadap pemanfaatan bahasa Indonesia

3.1  Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.1.1.Menemukan informasi manfaat dan asal data dari teks investigasi.

4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1.1Menjelaskan struktur teks investigasi.

IPA
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1 Meyakini rasa bersyukur atas keberadaan perkembangbiakan mahluk hidup.

2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
2.1.1 Menunjukkan perilaku teliti pada saat melakukan pengamatan perkembangbiakan mahluk hidup.
3.6 Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk hidup.
3.6.1Menjelaskan proses perkembangbiakan generative pada tumbuhan.
4.4 Mengikuti prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan.
4.1.1Menuliskan perkembangbiakan satu jenis tanaman yang diobservasi.
MATEMATIKA
1.1   Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1 Menjalani ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta  bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
2.1.1 Menunjukan perilaku teliti dalam menyelesaikan operasi hitung dalam bentuk pecahan.
3.1 Memahami operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal dan persen).
3.1.1 Menentukan hasil operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan.
4.1 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
4.1.1 Menyelesaikan soal cerita pecahan,



D.Tujuan Pembelajaran
1.       Setelah membaca teks investigasi, siswa mampu menuliskan fakta dari teks investigasi yang dibaca dengan benar.
2.       Setelah membaca teks investigasi, siswa dapat menentukan apakah teks yang dibaca merupakan teks investigasi dengan benar.
3.       Berdasarkan gambar acak, siswa mampu mengklasifikasikan (mengelompokkan hewan) berdasarkan cara perkembangbiakan dengan benar.
4.       Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan perkembangbiakan generative pada hewan dalam bentuk peta pikiran dengan percaya diri.
5.       Berdasarkan teks, siswa mampu menjelaskan kaitan letak geografis terhadap persebaran hewan dan pengaruhnya terhadap kegiatan manusia dengan percaya diri.
6.       Berdasarkan teks, siswa mampu mengomunikasikan secara lisan kaitan letak geografis terhadap persebaran hewan dan pengaruhnya terhadap kegiatan manusia dengan percaya diri.

D. Materi Pembelajaran
1.       Bahasa Indonesia :Membaca, membuat dan menjawab pertanyaan untuk menemukan informasi dari teks investigasi.dan Menulis laporan berdasarkan hasil investigasi.
2.       IPA : Melakukan investigasi perkembangbiakan hewan di lingkungan sekitar
3.       Matematika: Mengelompokkan hewan berdasarkan perkembangbiakan.
E. Pendekatan dan Metode Pebelajaran
1.       Pendekatan : saintifik [mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ mencoba, mengasosiasi/ mengolah informasi, dan mengkomunikasikan] dan discovery leaarning
2.       Metode : diskusi, tanya jawab, latihan, penugasan.

F. Langkah-langkah Pembelajaran

Pendaluan
1.    Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa.
2.    Guru menyampaikan materi sebelumnya dan mengaitkankannya dengan materi yang akan dipelajari.
3.    Siswa menyanyikan lagu “Cicak-cicak di dinding” bersama-sama.
4.    Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
5.    Guru memberikan motivasi agar siswa belajar dengan giat.

10 Menit
Kegiatan Inti
1.    Siswa mengamati gambar tentang Hewan Sahabatku. (mengamati).
2.    Siswa membuat pertanyaan secara lisan dari gambar
3.    Siswa membaca dengan suara nyaring (mengamati).
4.    Siswa membuat pertanyaan tentang gambar dengan judul ‘Hewan Sahabatku’. Mereka dapat menerapkan kata tanya ADIK SIMBA (Apa Di mana, Kapan, Siapa, Bagaimana) dalam membuat pertanyaan yang dituliskan pada potongan kertas. Pertanyaan menggunakan ADIK SIMBA  (menanya)
5.    Siswa saling bertukar pertanyaan dengan pasangan yang ditentukan guru (menanya).
6.    Siswa mendiskusikan jawabannya dengan pasangan masing-masing (mengumpulkan informasi).
7.    Siswa membaca teks investigasi tentang “Bagaimana menghasilkan susu berkualitas baik”. (mengamati)
8.    Siswa menuliskan fakta-fakta dari teks investigasi yang dibacanya. (mengamati)
9.    Siswa menggaris bawahi kosa kata yang menunjukkan fakta-fakta tentang hewan berdasarkan teks laporan investigasi. (mengamati)
10. Siswa membuat kalimat berdasarkan kosa kata yang berhubungan dengan fakta yang terdapat dalam bacaan. (mengumpulkan informasi)
11. Siswa saling mendiskusikan hasil pekerjaannya kepada temannya (mengumpulkan informasi)
12. Siswa menjelaskan hal-hal berikut.:
Alasan teks “Bagaimana Menghasilkan Susu Sapi yang Berkualitas Baik?”
termasuk teks investigasi? Coba Jelaskan!
Tulislah bagian yang merupakan definisi umum, deskripsi bagian (fakta), dan kesimpulan.
13. Siswa menyampaikan hasilnya kepada temannya (mengomunikasikan)
14. Siswa mengamati gambar berbagai jenis hewan (mengamati).
15. Siswa dapat mengidentifikasi prosedur perkembangbiakan hewan berdasarkan gambar acak (mengumpulkan informasi).
16. Siswa mengelompokkan hewan tersebut berdasarkan cara berkembangbiaknya dalam bentuk diagram venn (mengumpulkan informasi).
17. Siswa menjelaskan alasan dalam melakukan pengelompokan (menanya).
18. Siswa membaca teks bergambar tentang cara hewan berkembang biak (ovivar, vivivar, dan ovovivipar) (mengamati).
19. Siswa menuliskan perkembangbiakan hewan dalam bentuk peta pikiran peta pikiran yang ditulis memuat (perkembangbiakan, penjelasan, ciri-ciri, contoh) dengan detail (mengumpulkan data).
20. Siswa dapat melengkapi peta pikiran yang dibuatnya dengan gambar supaya menarik (mengumpulkan data).
21. Siswa menyampaikan hasilnya kepada temannya (mengkomonikasikan).
22. Siswa dibagi dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 4 siswa.
23. Siswa mencari fakta-fakta tentang perkembangbiakan hewan dari berbagai literatur (buku, koran, majalah, dan/atau situs internet)(mengamati)
24. Siswa mencatat fakta tersebut di buku siswa (mengamati).
25. Siswa mencari informasi mengenai (contoh hewan, ciri-ciri, letak habit yang cocok) (mengumpulkan data).
26. Setiap kelompok mempresentasikan jawabannya ke depan kelas (mengkomonikasikan).
Siswa menuliskan apakah letak geografis suatu wilayah berpengaruh terhadap persebaran hewan? Bagaimana pula pengaruhnya terhadap aktivitas manusia sehubungan dengan keberadaan hewan?
190 Menit
Penutup
1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan materi.
2. Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar.
3. Guru memberikan tugas.
4. Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
10 Menit



G. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap                       : tanggung jawab, teliti, dan disiplin.
b. Penilaian Pengetahuan      : jawaban singkat.
c. Penilaian Keterampilan       : unjuk kerja

2. Bentuk Instrumen Penilain
a. Penilaian Sikap
NO
Nama Peserta Didik
Aspek Yang Dinilai
Percaya Diri
Teliti
Disiplin
1




2




3




4




Keterangan:
1.       Kurang
2.       Cukup
3.       Baik
4.       Baik Sekali

b. Penilaian Pengetahuan
1. Bahasa Indonesia
Kreteria
ya
tidak
Siswa menjelaskan alasan teks yang dibaca adalah teks eksplanasi.


Siswa menjelaskan deskripsi umum dari teks dengan benar.


Siswa menjelaskan deskripsi bagian (fakta) dari teks dengan benar.


Siswa menyebutkan kesimpulan dengan benar.



2. IPA
a.       Sebutkan hewan-hewan yang dipelihara dipeternakan “hewan sahabatku”
b.      Beternak hewaan apakah yang memerlukan lahan luas
c.       Beternak hewan apakah yang memerlukan hewan paling sempit
d.      Bagaimana perbandingan antara luas lahan untuk memelihara kedua hewan tersebut.
e.      Apa kunci kesuksesan paman dalam mengelola peternakan.

3. Matematika
a.       Kelompokkan hewan berdasarkan cara berkembangbiakan hewan.

C.  Ketrampilan
1. Bahasa Indonesia
§  Membuat laporan investigasi
2. IPA
§  Tulislah teks laporan
3. Matematika
§  Menempeli gambar
H. Media , Alat , dan Sumber Belajar
1.  a. Media : Teks investigasi dengan judul “Hewan Sahabatku”
b. Gambar hewan
2. Alat: kertas HVS, Karton, Balon, Ember, dan alat tulis
3. Sumber Pembelajaran
Afriki, dkk. 2015. Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema I Selamatkan Makhluk Hidup”Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Afriki, dkk. 2015. Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema I Selamatkan Makhluk Hidup”Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Mengetahui
Kepala SDN Pangarangan III,




MASRUR ABADI, S.Pd.SD.,M.Pd.
NIP 19720617 199308 1 001
Sumenep,  Juli 2015
Guru Kelas VI,





SALAMET HERIANTO
NIP 19740307 199911 1 001

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KETERKAITAN PPKn DENGAN IPS

MASALAH MORALITAS DI SEKOLAH DASAR

BATASAN DAN KEBERHASILAN PENDIDIKAN ISLAM